Sunday, December 6, 2015

Yang Perlu Diketahui Seputar Puasa

Menghadapi bulan Ramadhan, warga di daerah Kiruna, Sweadia yang merupakan wilayah dekat Kutub Utara ini Ramadhan tiba saat memasuki awal musim panas. Dikabarkan pada saat musim tersebut, matahari 24 jam tetap terang seharian hingga tidak memberi kesempatan pada malam. Bahkan selama beberapa bulan, matahari tidak pernah terbenam. Para Ulama menyarankan untuk mengikuti waktu berbuka dan imsak dengan wilayah yang paling dekat. Ada juga Ulama yang menyarankan untuk mengikuti waktu Mekkah dan Madinah.

Bagaimana dengan Negara-Negara lain di seluruh Dunia yang memiliki geometris yang berbeda pula? Ada Negara yang malam harinya lebih lama daripada siangnya dan ada pula yang sebaliknya. Ketentuan puasa yang secara definisinya yakni menahan dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa mulai dari fajar hari sampai terbenamnya matahari.

Pemerintah Arab Saudi setiap Ramadhan tiba memberlakukan hukuman mencabut kontrak kerja di tempat bekerja warganya yang ketauan makan dan minum di ruang publik selama bulan Ramadhan.


Dari berbagai wilayah di dunia, yang paling cepat durasi berpuasa adalah di Antartika yaitu 9 jam, dan terlama ada di wilayah Scandinavia saat musim panas, yaitu 24 jam.


Jangan makan makanan yang sulit dicerna pada saat sahur, jika hendak bepergian dengan pesawat karena itu akan memperparah jet lag anda. Apalagi makanan instan seperti mie kemasan.

Studi yang dipublikasikan Journal of Science pada tahun 2008 menyebutkan, puasa selama 16 jam sebelum terbang bisa membantu mengatasi jet lag. Sebab, tubuh terbiasa dengan jam yang berbeda.

Sahur dengan makanan yang terlalu manis dan karbohidrat sederhana akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis, yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas, cepat lapar dan mengantuk.



Selama puasa tubuh kita memproduksi enzim yang bisa menambah kekebalan tubuh. Enzim itu benar-benar cuma keluar di saat kita berpuasa.


Fakta membuktikan???
Ternyata puasa tidak hanya dimiliki oleh Islam, tetapi juga dimiliki pemeluk agama di luar Islam, hanya waktu dan tata caranya yang berbeda.


Moga Bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih