Sunday, November 29, 2015

Contoh Wesel dan Promises

1.        SOAL 1
Pada 21 Februari  2015, di Cilegon, PT Satria Baja Sejati menjual separtai besar rantai besi kepada PT Besi Agentama senilai Rp 450.000.000,00 (empat ratus lima puluh juta rupiah). Pembayaran disepakati dengan cara PT Besi Agentama menerbitkan “Surat Wesel” yang berklausal order (atas pengganti). Pembayaran akan dilakukan di Jakarta pada 21 Mei 2015. Pihak yang tertarik adalah PT Sarana Investama.
a.    Contoh Wesel pada kasus di atas dimana PT Satria Baja Sejati atau pengganti selaku penerima (nemer) dan PT Besi Agentama selaku penerbit surat Wesel (drawer)

b.    Surat Wesel ini memerlukan Akseptasi, berikut contoh akseptasinya dengan cara cross pada surat wesel di atas dengan pernyataan “Setuju Dibayar” oleh PT Sarana Investama selaku tertarik (drawee).

c.    Cara menjual atau mengalihkan surat Wesel di atas oleh PT Satria Baja Sejati kepada PT Anggora Bakti selaku Endorsi pada 12 Maret 2015

d.   PT Anggora Bakti memiliki Hak Regres (Hak Tagih) kepada PT Sarana Investama senilai uang Rp 450.000.000,00 (empat ratus lima puluh juta rupiah). Dikarenakan kasus ini terdapat tiada pembayaran (non pembayaran), cara yang bisa dilakukan oleh PT Anggora Bakti adalah dengan melakukan protes non pembayaran (Pasal 143 ayat (3) KUHD) yang dilaksanakan pada salah satu dari dua hari kerja berikutnya setelah hari bayar. Setelah itu diberitahukan kepada endosan dan penerbit dalam waktu empat hari kerja setelah hari protes (Pasal 144 ayat (1) KUHD).
2.        SOAL 2
Pada 12 Februari 2013 di Yogyakarta PT Abadi Komunikasi menjual sejumlah partai barang tertentu produk telekomunikasi kepada PT Duta Angkasa. Nilai transaksi tersebut sebesar Rp 1.000.000.000,00 ( satu milyar rupiah). Mereka bersepakat bahwa pembayaran transaksi itu dilakukan dengan cara PT Duta Angkasa menerbitkan “Surat Sanggup” dengan jatuh tempo pada 12 April 2013. Pembayaran dilakukan di Yogyakarta. Pada 10 Maret 2013, surat sanggup dimaksud dialihkan oleh PT Abadi Komunikasi kepada PT Duta Property.
a.    Contoh Surat Sanggup “Promises” pada kasus di atas PT Duta Angkasa menerbitkan surat sanggup kepada PT Abadi Komunikasi.
b.    Cara pengalihan “Surat Sanggup” dengan endosemen, seperti contoh di bawah ini:
Biasanya berada di belakang “Surat Sanggup” yang diterbitkan dengan klausul atas pengganti (order).
c.    Berlaku Hukum Wesel dimana ketentuan-ketentuan yang berlaku pada surat wesel berlaku juga pada Surat Sanggup, yakni mengenai pihak tertarik yang tiada pembayaran (non pembayaran). Oleh karena itu, PT Duta Property memiliki Hak Regres untuk mengajukan protes non pembayaran pada salah satu dari dua hari kerja setelah hari bayar kemudian memberitahukan kepada endosan dan penerbit dalam waktu empat hari kerja setelah hari protes.

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih