Monday, January 4, 2016

Contoh Proposal Bisnis (Business Plan)

A.      Pendahuluan
1.        Latar Belakang
Dengan ketentuan hukum yang ada di Negara Indonesia, aspek hukum yang dipenuhi seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), NPWP, SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan). Selain, itu dalam kantor internal biasanya ada nota dan stempel yang merupakan identitas dari perusahaan. Nota yang terdiri dari Logo perusahaan, Alamat, Nomer Telpon, Nomer Nota, Jenis barang atau jasa yang dijual, Jumlah, Total dan tanda terima.
Target pasar yang dijadikan sebagai sasaran adalah daerah Kabupaten Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantuk, dan Kabupaten Gunung Kidul. Dengan pangsa pasar diruang lingkup Kota Yogyakarta dimana dekat dengan lokasi tempat usaha di Jalan Kolonel Sugiono no. 66, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Yogkarta.
Tenaga kerja yang memiliki kompentensi di bidang kreatifitas khususnya desain grafis dengan menggunakan perangkat lunak Corel Draw dan Photoshop. Struktur pengelola yang simpel dan bersahabat, saling koordinasi pada setiap bagian sehingga kualitas kerja lebih maksimal dalam memberikan pelayanan. Dasar harga yang diberikan disesuaikan dengan pangsa pasar dan tambahan inovasi berupa free design standard.
Produksi yang dihasilkan berupa poster, pamplet, flyer, brosur, leaflet, spanduk,  rontek, baliho, kalender, undangan, stiker, dan sebagainya. Bahan yang digunakan seperti Flexi 260, 280, 340, 380, 385, korea, HVS, Matt Paper, Art Paper, Cromo, Vynil, dan lainnya.
Dengan SDM atau tenaga kerja profesional dan terampil namun tetap beriman menjalankan perintah Allah SWT. Kualitas SDM yang sesuai dengan ketentuan yang ada dalam syariat Islam yakni orang muslim, jujur, smart, dan amanah. Menggunakan kualitas SDM yang seperti dapat mengembangkan perusahaan dengan cepat.
Dalam proses order masuk, proses, dan selesai akan dipantau sehingga hal-hal yang negatif dapat dihindari se-optimal mungkin. Sehingga pelanggan mendapatkan pelayanan dan kepuasan yang maksimal dengan kualitas dan harga yang hampir sama dengan harga pasar.
Keuangan yang diterapkan berupa profit sharing kepada setiap pengelola setelah dipotong untuk deviden, biaya-biaya, dan lainnya serta 20 % untuk manajemen digunakan sebagai pengembangan usaha.
2.        Lokasi Kantor
Kantor ROGJA Advertising
Jalan Parangtritis km 3,5
Ruko Perwita Regency, Yogyakarta
Mobile : 085725972947
3.        Visi
Menjadi perusahaan Advertising terbesar di Indonesia yang amanat, beriman, dan profesional.
4.        Misi
a.    Melakukan aktivitas peduli sosial dengan masyarakat.
b.    Melakukan dakwah melalui media digital.
c.    Melaksanakan ibadah sunnah harian.
d.   Mengikuti seminar, pelatihan, dan kecakapan lainnya untuk menunjang kreativitas.
e.    Melaksanakan  kajian Islam kepada tenaga ahli.
f.     Pelaksanaan penghafal tenaga kreatif.
5.        Logo Brand Merk
logo merk.png
Gambar 1. Logo Merk

B.       Aspek-Aspek Bisnis
1.        Aspek Hukum
Secara yuridis bidang usaha percetakan, advertising, production dan Craft berbentuk bukan badan hukum. Sedangkan, penerbitan merupakan bidang usaha yang berbentuk badan hukum. Dalam hal ini biasanya percetakan atau sejenisnya berbentuk badan usaha CV.
Kebutuhan surat izin yang biasa digunakan berupa SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan), dan NPWP. Secara hukum instrumen ini sudah cukup untuk mendirikan bidang usaha industri kreatif. Selain itu, nota dan stempel juga dibutuhkan dalam aspek hukum sebagai komponen pendukung.
NOTA  ROGJA ADV.png
Gambar 2. Nota Rogja Advertising
2.        Aspek Pasar dan Pemasaran
Untuk ruang lingkup pasar yang menjadi target pasar sekarang ini meliputi daerah yang dekat dengan lokasi tempat usaha. Lokasi tempat usaha sekarang berada di Kecamatan Mergangsan, Kelurahan Brontokusuman, Kota Yogyakarta.
Daerah-Istimewa-Yogyakarta.jpg
Gambar 3. Peta DI Yogyakarta
Target pasar ruang lingkup sempit sekarang ini pada perusahaan, instansi, sekolahan, bidang usaha (tour & travel, rumah makan, elektronik, laundry, klinik, dll) yang berada di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, dan Kulon Progo. Banyaknya bidang usaha, sekolahan, instansi, event dan perusahaan yang ada di Yogyakarta menjadikan kebutuhan akan bidang usaha ini sangat potensial. Walaupun telah banyak printing, advertising, production, dan sejenisnya yang ada pada bidang usaha yang sama tidak menutup kemungkinan untuk menjalankan bidang usaha yang sama dengan brand dan sistem yang berbeda.
Penawaran pada produk (product) dengan layanan desain plus cetak, serta jasa pembuatan kalender, undangan, nota, pin, id card, booknote, kartu nama dan sebagainya. Dilihat dari masyarakat dan lingkungan yang banyak beragama Islam serta berdirinya masjid-masjid dan mushola sebagai tempat beribadah menjadi tolak ukur untuk mendukung perkembangan bidang usaha kreatif dengan label islami. Kemudian masih sedikit yang menerapkannya dikarenakan beberapa faktor yakni SDM, keahlian, dan potensi yang tidak dikembangkan.
Printing terbesar yang ada di Yogyakarta meliputi Mangrove, Uvindo, Ortindo, Click, Print Boy, Print Shop, Greeng, Media Center Link, dan lain sebagainya. Sedangkan, advertising, dan production di Yogyakarta telah ada 50 bidang usaha yang bergerak pada bidang usaha yang sama.
Product yang kami tawarkan ada 2 (dua) opsi yakni sesuai kebutuhan costumer dan daftar list yang telah kami buat. Desain kami menghindari hal-hal yang dilarang oleh Islam berupa desain simbol-simbol nasrani, kata-kata yang merusak keyakinan, dan unsur-unsur lainnya.
Harga (price) yang kami tawarkan bervariasi disesuaikan dengan tingkat kesulitan pembuatan dan jumlah orderan yang dipesan oleh pelanggan.
No.
Bahan
Harga @ m2
1.
Flexi 260
Rp 17.000,-
2.
Flexi 280
Rp 19.000,-
3.
Flexi 340
Rp 21.000,-
4.
Flexi 380
Rp 23.000,-
5.
Flexi 385
Rp 25.000,-
6.
Korea
Rp 30.000,-
Tabel 1. Harga Cetak Spanduk, Rontek, Baliho, Banner
No.
Bahan
Harga @ A3+
1.
Ivory 260
Rp 4.000,-
2.
Ivory 230
Rp 4.000,-
3.
Ivory 210
Rp 4.000,-
4.
Art Paper 150
Rp 4.000,-
5.
Art Paper 120
Rp 4.000,-
6.
Matt Paper 150
Rp 4.000,-
7.
Matt Paper 120
Rp 4.000,-
8.
HVS 100 gr
Rp 4.000,-
9.
HVS 80 gr
Rp 4.000,-
10.
Stiker Cromo
Rp 5.000,-
11.
Stiker HVS
Rp 5.000,-
12.
Stiker Vynil
Rp 12.000,-
Tabel 2. Harga Cetak Kertas A3+
Dari harga (price) di atas kami menawarkan free design standard jadi tidak full desain. Free design standard adalah layanan desain yang kami berikan pada pelanggan secara gratis tanpa tambahan biaya namun dengan ketentuan tidak melebihi batas desain, misal desain logo, desain brosur yang menggunakan 2 kombinasi software, atau desain dengan pola yang rumit.
Adapun potongan harga dari harga yang telah ada di atas dengan jumlah order yang banyak melebihi 10 lembar dan 100 lembar untuk cetak kertas. Sedangkan, cetak dengan bahan flexi mendapat potongan lebih dari 1000m2.
Untuk jasa desain sendiri kami menawarkan harga kisaran Rp 25.000,- sampai Rp 30.000,- pada desain pamplet, brosur, stiker, rontek, spanduk, baliho, flyer, leaflet. Kisaran harga Rp 50.000,- sampai Rp 150.000,- untuk desain logo, packging, layout buku, cover buku, dan sejenisnya.
Selain jasa cetak dan desain, kami juga melayani jasa reklame untuk menunjang promosi perusahaan atau mitra atau pelanggan kami. Pemasangan reklame dapat berupa pemasangan rontek, spanduk, baliho, dan billboard serta lainnya dengan izin dari pihak pemkot.
No.
Jenis
Harga
1.
Spanduk
Rp 30.000,-
2.
Rontek
Rp 15.000,-
Tabel 3. Harga Jasa Reklame
Tempat usaha (place) berada di Kota Yogyakarta sebagai pusat Kota Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan lokasi yang strategis untuk mendirikan usaha karena dekat dan banyak dengan bidang usaha lain, seperti bank, mall, sekolahan, perusahaan, hotel, kantor pemerintahan, stadiun kridosono, mandala krida, dan lainnya.
Promosi usaha (promotion) kami dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni direct dan indirect. Direct atau secara langsung dengan menawarkan produk kami secara langsung kepada calon pelanggan atau pelanggan melalui percakapan dan tatap muka. Sedangkan indirect atau tidak secara langsung, kami menawarkan dengan cara via online jadi kami posting produk-produk kami beserta list harga ke dalam situs yang untuk sementara ini menggunakan layanan blogger atau wordpress.
Selain itu, untuk menjalan loyalitas pelanggan terhadap usaha kami sebut saja ROGJA Advertising kami juga menyediakan layanan via sosmed (sosial media) melalui fanspage, twitter, line, BBM, dan juga untuk memudahkan calon pelanggan mencari kami baik offline atau online. Kami optimalkan layanan google sebagai search engine terpopuler di dunia sekarang ini.
3.        Aspek Teknis Produksi
Dalam hal ini, kami bekerjasama dengan beberapa pihak yakni dari percetakan yang ada di Kota Yogyakarta. Sistem kerjasama kami dibentuk dengan pemberian potongan harga dari harga jual pasar sekitar 5% - 10% ditambah dengan harga yang sudah kami naikan disertai dengan layanan yang kami berikan seperti free design standard.
Ada juga kerjasama dengan pihak advertising dan production untuk produktivitas pembuatan nota, brosur, pamplet, flyer, dan sejenisnya dapat berupa cetak kertas dan finishing. Selain itu juga ada pihak-pihak yang bekerja secara freelance untuk membantu proses pengerjaan dan pelaksanaan yang terdapat pada tim pelaksana.
Mekanisme produksi yang biasa atau normal digunakan, seperti berikut:
mekanisme produksi.png
Gambar 4. Mekanisme Produksi
Penjelasan untuk mekanisme produksi di atas adalah
-       Tahap pertama, customers sebagai pelanggan melakukan order yang diterima oleh penerima dalam company atau bidang usaha kami dan disesuaikan dengan permintaan.
-       Tahap kedua, order dari customers akan dibagi menjadi 2 (dua), yakni order yang telah siap filenya dan order yang belum siap filenya sehingga perlu masuk pada desain atau setting.
-       Tahap ketiga, order yang telah siap cetak akan kami masukan ke perusahaan percetakan atau advertising yang sudah menjadi mitra kerja dengan proses pengerjaan sesuai dengan ketentuan dalam hal ini biasanya 1-3 hari disesuaikan dengan jumlah orderan.
-       Tahap keempat, untuk order customers yang sudah selesai cetak akan dilakukan pembagian disesuai dengan orderan seperti undangan, kalender, dan sejenis yang memerlukan jasa tim pelaksanaan dalam hal ini terkait juga dengan reklame.
Bahan baku yang digunakan untuk mencetak dalam memenuhi kebutuhan modal kerja, meliputi di bawah ini:
Nama Bahan Baku
Merk
Jumlah Unit
Harga
Jumlah
HVS 100 gr
A010
1
Rp 45.000,-
Rp 45.000,-
HVS 80 gr
A010
1
Rp 45.000,-
Rp 45.000,-
NCR
A010
3
Rp 45.000,-
Rp 135.000,-
Total Pembelian Bahan Baku
Rp 225.000,-
Tabel 4. Bahan baku
Proyeksi kapasitas produksi dalam 5 (lima) tahun ke depan, sebagai berikut:
Tahun
Rencana Produksi
Bahan Flexi (m2)
Bahan Kertas (lembar)
Desain /Job
1
1200
24.000
300
2
2400
30.000
600
3
3600
36.000
900
4
4800
30.000
1.200
5
6000
48.000
1.500
Tabel 5. Proyeksi kapasitas produksi
Kemudian untuk jasa reklame target perolehan yang dicapai dalam 5 (lima) tahun ke depan, sebagai berikut:
Tahun
Rencana
Spanduk
Rontek
1
1200
2.880
2
2400
5.760
3
3600
8.640
4
4800
11.520
5
6000
14.400
Tabel 6. Proyeksi Jasa Reklame
4.        Aspek SDM dan Manajemen
Keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan bidang usaha ini adalah desain grafis yang menggunakan software CorelDraw dan Photoshop dan tambahan lainnya seperti adobe ilustrator, indesign, dan sejenisnya. Kemampuan dalam penggunaan software tersebut menjadi prioritas utama dalam mengelola bidang usaha yang baru berjalan.
SDM yang memiliki kemampuan atau potensi desain grafis yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan mengerakan usaha ini. Prioritas utama itu untuk membangun dari awal bidang usaha ini dengan anggaran dan modal yang minimal.
Untuk saat ini SDM yang telah ada dan mengelola usaha masih pada 3 (tiga) bagian pokok, yakni:
Ø Manajer
Ø Keuangan
Ø Marketing
Ø Tim Pelaksana
Fungsi Bank.png
Gambar 5. Struktur Pengelola
Untuk saat ini bagian Manajer, Keuangan, Marketing masih ditangani oleh 1 orang. Kemudian untuk tim pelaksanaan ditangani oleh beberapa rekan kerja yang membutuhkan dan kami butuhkan untuk penyelesaian job yang ada. Dalam hal ini proyeksi jabatan, job desk, dan jumlah gaji yang diperoleh tiap bulan, seperti di bawah:
Jabatan
Job Desk
Jumlah
Gaji /bulan
Total
Manajer
Mengelola usaha, mengontrol SDM, dan memutuskan plan.

1

Rp 5.000.000,-

Rp 5.000.000,-
Keuangan
Mengelola keuangan, membuat laporan keuangan, dan mengontrol arus kas dll.


1


Rp 2.000.000,-


Rp 2.000.000,-
Marketing
Mempromosikan usaha, mengentri data klien, akses sosmed, dan lain-lain.


1


Rp 2.000.000,-


Rp 2.000.000,-
Tim Pelaksana
Mengerjakan job atau order customer mulai dari input sampai output.


2


Rp 1.500.000,-


Rp 3.000.000,-
Total Gaji /bulan
Rp 12.000.000,-
Tabel 7. Jabatan, Job desk, Jumlah, dan Penggajian
Dengan basic dan visi yang ada kami mengutamakan kesejahteraan tenaga kerja dan kepuasan (utility) pelanggan kami. Sistem yang kami terapkan masih pada sistem bagi hasil dimana 20% untuk manajemen dan 80% untuk tenaga kerja yang menyelesaikan atau berkontribusi di dalamnya. Bagi hasil yang menjadi sistem kami adalah profit sharing jadi pembagian keuntungan setelah dikurangi biaya-biaya yang ada dalam penyelesaian job. Apabila target produksi tercapai maka pembagian bonus tiap tahun akan dibagi secara rata.
Selain itu, kami juga memilih SDM yang memiliki akhlak yang baik bukan SDM yang profesional namun buruk akhlaknya. Ketentuan untuk SDM yang kami cari, sebagai berikut:
-       Beragama Islam.
-       Shalat 5 waktu, dalam hal ini menyegerakan.
-       Bisa baca Al Qur’an.
-       Minimal lulusan SMA/SMK/MA, usia minimal 18 tahun.
-       Mampu bekerja secara tim.
-       Memiliki kemampuan Desain Grafis minimal CorelDraw atau Photoshop, lebih diutamakan.
-       Berdomisili di Yogyakarta.
-       Tidak merokok bagi ikhwan.
-       Berjilbab menutup aurat bagi akhwad.
5.        Aspek Keuangan
a.    Sumber Pendanaan
Uraian
Persentase (%)
Jumlah
a
b
Modal Sendiri
70
30
100
Pinjaman
0
0
0
Total
70
30
100
Tabel 8. Sumber Pendanaan
b.    Modal Investasi
Uraian
Banyak
Harga /unit
Jumlah
Tempat Usaha
1
Rp 12.000.000,-
Rp 12.000.000,-
Komputer PC
3
Rp 3.500.000,-
Rp 10.500.000,-
Perangkat Wifi
1
Rp 1.000.000,-
Rp 1.000.000,-
Mesin Printer Canon
1
Rp 400.000,-
Rp 400.000,-
Peralatan Kantor :
1.      Pulpen
2.      Buku

10
3

Rp 4.000,-
Rp 10.000,-

Rp 40.000,-
Rp 30.000,-
Total
19
Rp 16.914.000,-
Rp 23.970.000,-
Tabel 8. Modal Investasi

c.    Modal Kerja
Uraian
Banyak
Harga /unit
Jumlah
Bahan Baku :
1.      HVS 100 gr
2.      HVS 80 gr
3.      NCR

1
1
3

Rp 45.000,-
Rp 45.000,-
Rp 45.000,-

Rp 45.000,-
Rp 45.000,-
Rp 135.000,-
Persediaan Bahan :
1.      Tinta Printer
2.      Bambu 7 meter
3.      Paku
4.      Kawat

1
1
80
1

Rp 45.000,-
Rp 15.000,-
Rp 50,-
Rp 6.000,-

Rp 45.000,-
Rp 15.000,-
Rp 4.000,-
Rp 6.000,-
Produk dalam proses
-
-
-
Uang Kas
-
Rp 400.000,-
Rp 400.000,-
Total
-
Rp 601.050,-
Rp 695.000,-
Tabel 10. Modal Kerja
d.   Analisis Biaya Tetap (fixed cost)
Uraian
Banyak
Harga /unit
Jumlah
Gaji :
1.      Manajer
2.      Keuangan
3.      Marketing
4.      Tim Pelaksana

1 orang
1 orang
1 orang
2 orang

Rp 5.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 1.500.000,-

Rp 5.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 3.000.000,-
Penyusutan :
1.      Sewa Tempat
2.      Komputer PC
3.      Mesin Printer Canon

1
3
1

Rp 1.000.000,-
Rp. 150.000,-
Rp 34.000,-


Rp 1.000.000,-
Rp 450.000,-
Rp 34.000,-

ATK :
1.      Pulpen
2.      Buku

10 buah
3 buah

Rp 4.000,-
Rp 3.000,-

Rp 40.000,-
Rp 30.000,-
Biaya Kuota Wifi
1
Rp 150.000,-
Rp 150.000,-
Biaya PLN & PDAM
1
Rp 300.000,-
Rp 300.000,-
Total
17
Rp 12.141.000,-
Rp 14.004.000,-
Tabel 11. Analisis Fixed Cost
e.    Analisis Biaya Tidak Tetap (variable cost)
Uraian
Banyak
Harga /unit
Jumlah
Biaya Cetak :
1.      Flexi 260
2.      Flexi 280
3.      Flexi 340

70m2
20m2
10m2

Rp 13.500,-
Rp 15.000,-
Rp 17.000,-

Rp 945.000,-
Rp 300.000,-
Rp 170.000,-
Total
100m2
Rp 45.500,-
Rp 1.415.000,-
4.      Ivory 260
5.      Ap150
6.      HVS 80 gr
7.      Stiker Cromo
500 lbr
1000 lbr
400 lbr
100 lbr
Rp 2.500,-
Rp 2.000,-
Rp 2.000,-
Rp 3.000,-
Rp 1.250.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 800.000,-
Rp 300.000,-
Total
2.000 lbr
Rp 9.500,-
Rp 2.550.000,-
Tabel 12. Analisis Variable Cost Cetak
Uraian
Banyak
Harga /unit
Jumlah
Biaya Bahan Baku :
1.      Spanduk (1x6 m)
2.      Rontek (1x0,5 m)

100
240

Rp 500,-
Rp 250,-

Rp 50.000,-
Rp 60.000,-
Total
340
Rp 750,-
Rp 110.000,-
Tabel 13. Analisis Variable Cost Reklame
f.     Proyeksi Aliran Kas
Uraian
Tahun (dalam ribuan Rp)
1
2
3
4
5
Sumber Dana (in flow)
216.160
359.320
502.480
645.640
788.800
Penggunaan Dana (out flow)
220.740
252.840
284.940
317.040
349.140
Arus kas bersih (net flow)
(4.580)
106.480
217.540
328.600
439.660
Keadaan kas awal
400
400
400
400
400
Keadaan kas akhir
0
0
0
0
0
Tabel 14. Proyeksi Cash Flow
Analisis Kelayakan Usaha
a.    Pay Back Period (PBP)
Modal
18.235
Tahun
Arus kas bersih (net cash flow)
Jumlah
1
(4.580)
(4.580)
2
106.480
101.900
3
217.540
319.440
4
328.600
648.040
5
439.660
1.087.700
Ket = satuan dalam ribuan rupiah
Tabel 15. Payback Period
Dari tabel di atas maka Pay Back Period atau waktu pengembalian modal adalah 1 Tahun 3 Bulan.
b.    Net Present Value (NPV)
Modal
18.235
Tahun
Arus kas bersih (net cash flow)
Suku Bunga (5%)
Hasil
1
(4.580)
0,952
(4.360)
2
106.480
0,907
96.577
3
217.540
0,864
187.954
4
328.600
0,823
270.437
5
439.660
0,784
344.693
Ket = satuan dalam ribuan rupiah
Tabel 16. Net Present Value
Dari hasil tabel di atas menunjukan NPV (Net Present Value) yakni selisih antara PV Cash Flow dengan PV Modal, dengan hasil di bawah ini:
NPV = PV Cash Flow – PV Modal
= 899.663.160 – 24.665.000
= 874.998.160
Analisis Keuntungan
a.    Break Event Point (BEP)
BEP = Biaya Tetap / Rasio Kontribusi Margin
BEP = 150.240.000 / 55%
BEP = 271.936.630,94
b.    Kontribusi Margin
Untuk Cetak Flexi
Rasio Kontribusi Margin = 1- Biaya Variabel / Hasil Penjualan
= 1 – 16.980.000 / 21.360.000
= 1 – 0,79
= 0,21
Untuk Cetak Kertas
Rasio Kontribusi Margin = 1- Biaya Variabel / Hasil Penjualan
= 1 – 52.200.000 / 97.200.000
= 1 – 0,54
= 0,46
Untuk Reklame
Rasio Kontribusi Margin = 1- Biaya Variabel / Hasil Penjualan
= 1 – 1.320.000 / 79.200.000
= 1 – 0,02
= 0,98

4 comments:

  1. Assalamualaikum bang boleh minta soft copy nya ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mauu juga dong saya soft copynya

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam wr wb,,,hehehehe monggo bisa dibaca n dipelajari atau email ya kalo butuh bantuan

      Delete

Terima Kasih