A. Pendahuluan
1.
Latar Belakang
Dengan ketentuan hukum yang ada di Negara
Indonesia, aspek hukum yang dipenuhi seperti SIUP (Surat Izin Usaha
Perdagangan), NPWP, SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan). Selain, itu
dalam kantor internal biasanya ada nota dan stempel yang merupakan identitas
dari perusahaan. Nota yang terdiri dari Logo perusahaan, Alamat, Nomer Telpon,
Nomer Nota, Jenis barang atau jasa yang dijual, Jumlah, Total dan tanda terima.
Target pasar yang dijadikan sebagai sasaran
adalah daerah Kabupaten Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo,
Kabupaten Bantuk, dan Kabupaten Gunung Kidul. Dengan pangsa pasar diruang
lingkup Kota Yogyakarta dimana dekat dengan lokasi tempat usaha di Jalan
Kolonel Sugiono no. 66, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Yogkarta.
Tenaga kerja yang memiliki kompentensi di
bidang kreatifitas khususnya desain grafis dengan menggunakan perangkat lunak
Corel Draw dan Photoshop. Struktur pengelola yang simpel dan bersahabat, saling
koordinasi pada setiap bagian sehingga kualitas kerja lebih maksimal dalam
memberikan pelayanan. Dasar harga yang diberikan disesuaikan dengan pangsa
pasar dan tambahan inovasi berupa free design standard.
Produksi yang dihasilkan berupa poster,
pamplet, flyer, brosur, leaflet, spanduk,
rontek, baliho, kalender, undangan, stiker, dan sebagainya. Bahan yang
digunakan seperti Flexi 260, 280, 340, 380, 385, korea, HVS, Matt Paper, Art
Paper, Cromo, Vynil, dan lainnya.
Dengan SDM atau tenaga kerja profesional dan
terampil namun tetap beriman menjalankan perintah Allah SWT. Kualitas SDM yang
sesuai dengan ketentuan yang ada dalam syariat Islam yakni orang muslim, jujur,
smart, dan amanah. Menggunakan kualitas SDM yang seperti dapat mengembangkan
perusahaan dengan cepat.
Dalam proses order masuk, proses, dan selesai
akan dipantau sehingga hal-hal yang negatif dapat dihindari se-optimal mungkin.
Sehingga pelanggan mendapatkan pelayanan dan kepuasan yang maksimal dengan
kualitas dan harga yang hampir sama dengan harga pasar.
Keuangan yang diterapkan berupa profit
sharing kepada setiap pengelola setelah dipotong untuk deviden,
biaya-biaya, dan lainnya serta 20 % untuk manajemen digunakan sebagai
pengembangan usaha.
2.
Lokasi Kantor
Kantor ROGJA Advertising
Jalan Parangtritis km 3,5
Ruko Perwita Regency, Yogyakarta
Mobile : 085725972947
3.
Visi
Menjadi perusahaan Advertising terbesar di
Indonesia yang amanat, beriman, dan profesional.
4.
Misi
a. Melakukan aktivitas peduli sosial dengan
masyarakat.
b. Melakukan dakwah melalui media digital.
c. Melaksanakan ibadah sunnah harian.
d. Mengikuti seminar, pelatihan, dan kecakapan
lainnya untuk menunjang kreativitas.
e. Melaksanakan
kajian Islam kepada tenaga ahli.
f. Pelaksanaan penghafal tenaga kreatif.
5.
Logo Brand Merk
Gambar 1. Logo Merk
B. Aspek-Aspek Bisnis
1.
Aspek Hukum
Secara yuridis bidang usaha percetakan,
advertising, production dan Craft berbentuk bukan badan hukum. Sedangkan,
penerbitan merupakan bidang usaha yang berbentuk badan hukum. Dalam hal ini
biasanya percetakan atau sejenisnya berbentuk badan usaha CV.
Kebutuhan surat izin yang biasa digunakan
berupa SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDP (Surat Keterangan Domisili
Perusahaan), dan NPWP. Secara hukum instrumen ini sudah cukup untuk mendirikan
bidang usaha industri kreatif. Selain itu, nota dan stempel juga dibutuhkan
dalam aspek hukum sebagai komponen pendukung.
Gambar 2. Nota Rogja Advertising
2.
Aspek Pasar dan Pemasaran
Untuk ruang lingkup pasar yang menjadi target
pasar sekarang ini meliputi daerah yang dekat dengan lokasi tempat usaha.
Lokasi tempat usaha sekarang berada di Kecamatan Mergangsan, Kelurahan
Brontokusuman, Kota Yogyakarta.
Gambar 3. Peta DI Yogyakarta
Target pasar ruang lingkup sempit sekarang ini
pada perusahaan, instansi, sekolahan, bidang usaha (tour & travel, rumah
makan, elektronik, laundry, klinik, dll) yang berada di Kota Yogyakarta,
Sleman, Bantul, Gunung Kidul, dan Kulon Progo. Banyaknya bidang usaha,
sekolahan, instansi, event dan perusahaan yang ada di Yogyakarta menjadikan
kebutuhan akan bidang usaha ini sangat potensial. Walaupun telah banyak
printing, advertising, production, dan sejenisnya yang ada pada bidang usaha
yang sama tidak menutup kemungkinan untuk menjalankan bidang usaha yang sama
dengan brand dan sistem yang berbeda.
Penawaran pada produk (product) dengan
layanan desain plus cetak, serta jasa pembuatan kalender, undangan, nota, pin,
id card, booknote, kartu nama dan sebagainya. Dilihat dari masyarakat dan
lingkungan yang banyak beragama Islam serta berdirinya masjid-masjid dan mushola
sebagai tempat beribadah menjadi tolak ukur untuk mendukung perkembangan bidang
usaha kreatif dengan label islami. Kemudian masih sedikit yang menerapkannya
dikarenakan beberapa faktor yakni SDM, keahlian, dan potensi yang tidak
dikembangkan.
Printing terbesar yang ada di Yogyakarta
meliputi Mangrove, Uvindo, Ortindo, Click, Print Boy, Print Shop, Greeng, Media
Center Link, dan lain sebagainya. Sedangkan, advertising, dan production di
Yogyakarta telah ada 50 bidang usaha yang bergerak pada bidang usaha yang sama.
Product yang kami tawarkan ada 2 (dua) opsi yakni sesuai
kebutuhan costumer dan daftar list yang telah kami buat. Desain kami
menghindari hal-hal yang dilarang oleh Islam berupa desain simbol-simbol
nasrani, kata-kata yang merusak keyakinan, dan unsur-unsur lainnya.
Harga (price) yang kami tawarkan
bervariasi disesuaikan dengan tingkat kesulitan pembuatan dan jumlah orderan
yang dipesan oleh pelanggan.
No.
|
Bahan
|
Harga @ m2
|
1.
|
Flexi 260
|
Rp 17.000,-
|
2.
|
Flexi 280
|
Rp 19.000,-
|
3.
|
Flexi 340
|
Rp 21.000,-
|
4.
|
Flexi 380
|
Rp 23.000,-
|
5.
|
Flexi 385
|
Rp 25.000,-
|
6.
|
Korea
|
Rp 30.000,-
|
Tabel 1. Harga Cetak Spanduk, Rontek, Baliho, Banner
No.
|
Bahan
|
Harga @ A3+
|
1.
|
Ivory 260
|
Rp 4.000,-
|
2.
|
Ivory 230
|
Rp 4.000,-
|
3.
|
Ivory 210
|
Rp 4.000,-
|
4.
|
Art Paper 150
|
Rp 4.000,-
|
5.
|
Art Paper 120
|
Rp 4.000,-
|
6.
|
Matt Paper 150
|
Rp 4.000,-
|
7.
|
Matt Paper 120
|
Rp 4.000,-
|
8.
|
HVS 100 gr
|
Rp 4.000,-
|
9.
|
HVS 80 gr
|
Rp 4.000,-
|
10.
|
Stiker Cromo
|
Rp 5.000,-
|
11.
|
Stiker HVS
|
Rp 5.000,-
|
12.
|
Stiker Vynil
|
Rp 12.000,-
|
Tabel 2. Harga Cetak Kertas A3+
Dari harga (price) di atas kami
menawarkan free design standard jadi tidak full desain. Free
design standard adalah layanan desain yang kami berikan pada pelanggan
secara gratis tanpa tambahan biaya namun dengan ketentuan tidak melebihi batas desain,
misal desain logo, desain brosur yang menggunakan 2 kombinasi software, atau
desain dengan pola yang rumit.
Adapun potongan harga dari harga yang telah
ada di atas dengan jumlah order yang banyak melebihi 10 lembar dan 100 lembar
untuk cetak kertas. Sedangkan, cetak dengan bahan flexi mendapat potongan lebih
dari 1000m2.
Untuk jasa desain sendiri kami menawarkan
harga kisaran Rp 25.000,- sampai Rp 30.000,- pada desain pamplet, brosur,
stiker, rontek, spanduk, baliho, flyer, leaflet. Kisaran harga Rp 50.000,-
sampai Rp 150.000,- untuk desain logo, packging, layout buku, cover buku, dan
sejenisnya.
Selain jasa cetak dan desain, kami juga
melayani jasa reklame untuk menunjang promosi perusahaan atau mitra atau
pelanggan kami. Pemasangan reklame dapat berupa pemasangan rontek, spanduk,
baliho, dan billboard serta lainnya dengan izin dari pihak pemkot.
No.
|
Jenis
|
Harga
|
1.
|
Spanduk
|
Rp 30.000,-
|
2.
|
Rontek
|
Rp 15.000,-
|
Tabel 3. Harga Jasa Reklame
Tempat usaha (place) berada di Kota
Yogyakarta sebagai pusat Kota Daerah Istimewa Yogyakarta dan merupakan lokasi
yang strategis untuk mendirikan usaha karena dekat dan banyak dengan bidang
usaha lain, seperti bank, mall, sekolahan, perusahaan, hotel, kantor
pemerintahan, stadiun kridosono, mandala krida, dan lainnya.
Promosi usaha (promotion) kami
dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni direct dan indirect. Direct
atau secara langsung dengan menawarkan produk kami secara langsung kepada calon
pelanggan atau pelanggan melalui percakapan dan tatap muka. Sedangkan indirect
atau tidak secara langsung, kami menawarkan dengan cara via online jadi kami posting
produk-produk kami beserta list harga ke dalam situs yang untuk sementara ini menggunakan
layanan blogger atau wordpress.
Selain itu, untuk menjalan loyalitas pelanggan
terhadap usaha kami sebut saja ROGJA Advertising kami juga menyediakan layanan
via sosmed (sosial media) melalui fanspage, twitter, line, BBM, dan juga untuk
memudahkan calon pelanggan mencari kami baik offline atau online. Kami
optimalkan layanan google sebagai search engine terpopuler di dunia sekarang
ini.
3.
Aspek Teknis Produksi
Dalam hal ini, kami bekerjasama dengan
beberapa pihak yakni dari percetakan yang ada di Kota Yogyakarta. Sistem
kerjasama kami dibentuk dengan pemberian potongan harga dari harga jual pasar
sekitar 5% - 10% ditambah dengan harga yang sudah kami naikan disertai dengan
layanan yang kami berikan seperti free design standard.
Ada juga kerjasama dengan pihak advertising
dan production untuk produktivitas pembuatan nota, brosur, pamplet, flyer, dan
sejenisnya dapat berupa cetak kertas dan finishing. Selain itu juga ada
pihak-pihak yang bekerja secara freelance untuk membantu proses
pengerjaan dan pelaksanaan yang terdapat pada tim pelaksana.
Mekanisme produksi yang biasa atau normal digunakan,
seperti berikut:
Gambar 4. Mekanisme Produksi
Penjelasan untuk mekanisme produksi di atas adalah
-
Tahap pertama, customers sebagai pelanggan melakukan order yang diterima
oleh penerima dalam company atau bidang usaha kami dan disesuaikan dengan
permintaan.
-
Tahap kedua, order dari customers akan dibagi menjadi 2 (dua), yakni order
yang telah siap filenya dan order yang belum siap filenya sehingga perlu masuk
pada desain atau setting.
-
Tahap ketiga, order yang telah siap cetak akan kami masukan ke perusahaan
percetakan atau advertising yang sudah menjadi mitra kerja dengan proses
pengerjaan sesuai dengan ketentuan dalam hal ini biasanya 1-3 hari disesuaikan
dengan jumlah orderan.
-
Tahap keempat, untuk order customers yang sudah selesai cetak akan
dilakukan pembagian disesuai dengan orderan seperti undangan, kalender, dan
sejenis yang memerlukan jasa tim pelaksanaan dalam hal ini terkait juga dengan
reklame.
Bahan baku yang digunakan untuk mencetak dalam memenuhi kebutuhan modal
kerja, meliputi di bawah ini:
Nama Bahan Baku
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah
|
HVS 100 gr
|
A010
|
1
|
Rp 45.000,-
|
Rp 45.000,-
|
HVS 80 gr
|
A010
|
1
|
Rp 45.000,-
|
Rp 45.000,-
|
NCR
|
A010
|
3
|
Rp 45.000,-
|
Rp 135.000,-
|
Total Pembelian Bahan Baku
|
Rp 225.000,-
|
Tabel 4. Bahan baku
Proyeksi kapasitas produksi dalam 5 (lima) tahun ke depan, sebagai berikut:
Tahun
|
Rencana Produksi
|
||
Bahan Flexi (m2)
|
Bahan Kertas (lembar)
|
Desain /Job
|
|
1
|
1200
|
24.000
|
300
|
2
|
2400
|
30.000
|
600
|
3
|
3600
|
36.000
|
900
|
4
|
4800
|
30.000
|
1.200
|
5
|
6000
|
48.000
|
1.500
|
Tabel 5. Proyeksi kapasitas produksi
Kemudian untuk jasa reklame target perolehan
yang dicapai dalam 5 (lima) tahun ke depan, sebagai berikut:
Tahun
|
Rencana
|
|
Spanduk
|
Rontek
|
|
1
|
1200
|
2.880
|
2
|
2400
|
5.760
|
3
|
3600
|
8.640
|
4
|
4800
|
11.520
|
5
|
6000
|
14.400
|
Tabel 6. Proyeksi Jasa Reklame
4.
Aspek SDM dan Manajemen
Keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan bidang usaha ini
adalah desain grafis yang menggunakan software CorelDraw dan Photoshop dan
tambahan lainnya seperti adobe ilustrator, indesign, dan sejenisnya. Kemampuan
dalam penggunaan software tersebut menjadi prioritas utama dalam mengelola
bidang usaha yang baru berjalan.
SDM yang memiliki kemampuan atau potensi desain grafis yang dibutuhkan
untuk mengembangkan dan mengerakan usaha ini. Prioritas utama itu untuk
membangun dari awal bidang usaha ini dengan anggaran dan modal yang minimal.
Untuk saat ini SDM yang telah ada dan
mengelola usaha masih pada 3 (tiga) bagian pokok, yakni:
Ø Manajer
Ø Keuangan
Ø Marketing
Ø Tim Pelaksana
Gambar 5. Struktur Pengelola
Untuk saat ini bagian Manajer, Keuangan,
Marketing masih ditangani oleh 1 orang. Kemudian untuk tim pelaksanaan
ditangani oleh beberapa rekan kerja yang membutuhkan dan kami butuhkan untuk
penyelesaian job yang ada. Dalam hal ini proyeksi jabatan, job desk, dan
jumlah gaji yang diperoleh tiap bulan, seperti di bawah:
Jabatan
|
Job Desk
|
Jumlah
|
Gaji /bulan
|
Total
|
Manajer
|
Mengelola usaha, mengontrol SDM, dan memutuskan plan.
|
1
|
Rp 5.000.000,-
|
Rp 5.000.000,-
|
Keuangan
|
Mengelola keuangan, membuat laporan keuangan, dan mengontrol arus kas
dll.
|
1
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 2.000.000,-
|
Marketing
|
Mempromosikan usaha, mengentri data klien, akses sosmed, dan lain-lain.
|
1
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 2.000.000,-
|
Tim Pelaksana
|
Mengerjakan job atau order customer mulai dari input sampai output.
|
2
|
Rp 1.500.000,-
|
Rp 3.000.000,-
|
Total Gaji /bulan
|
Rp 12.000.000,-
|
Tabel 7. Jabatan, Job desk, Jumlah, dan
Penggajian
Dengan basic dan visi yang ada kami
mengutamakan kesejahteraan tenaga kerja dan kepuasan (utility) pelanggan
kami. Sistem yang kami terapkan masih pada sistem bagi hasil dimana 20% untuk
manajemen dan 80% untuk tenaga kerja yang menyelesaikan atau berkontribusi di
dalamnya. Bagi hasil yang menjadi sistem kami adalah profit sharing jadi
pembagian keuntungan setelah dikurangi biaya-biaya yang ada dalam penyelesaian job.
Apabila target produksi tercapai maka pembagian bonus tiap tahun akan dibagi
secara rata.
Selain itu, kami juga memilih SDM yang
memiliki akhlak yang baik bukan SDM yang profesional namun buruk akhlaknya.
Ketentuan untuk SDM yang kami cari, sebagai berikut:
-
Beragama Islam.
-
Shalat 5 waktu, dalam hal ini menyegerakan.
-
Bisa baca Al Qur’an.
-
Minimal lulusan SMA/SMK/MA, usia minimal 18 tahun.
-
Mampu bekerja secara tim.
-
Memiliki kemampuan Desain Grafis minimal CorelDraw atau Photoshop, lebih
diutamakan.
-
Berdomisili di Yogyakarta.
-
Tidak merokok bagi ikhwan.
-
Berjilbab menutup aurat bagi akhwad.
5.
Aspek Keuangan
a. Sumber Pendanaan
Uraian
|
Persentase (%)
|
Jumlah
|
|
a
|
b
|
||
Modal Sendiri
|
70
|
30
|
100
|
Pinjaman
|
0
|
0
|
0
|
Total
|
70
|
30
|
100
|
Tabel 8. Sumber Pendanaan
b. Modal Investasi
Uraian
|
Banyak
|
Harga /unit
|
Jumlah
|
Tempat Usaha
|
1
|
Rp 12.000.000,-
|
Rp 12.000.000,-
|
Komputer PC
|
3
|
Rp 3.500.000,-
|
Rp 10.500.000,-
|
Perangkat Wifi
|
1
|
Rp 1.000.000,-
|
Rp 1.000.000,-
|
Mesin Printer Canon
|
1
|
Rp 400.000,-
|
Rp 400.000,-
|
Peralatan Kantor :
1.
Pulpen
2.
Buku
|
10
3
|
Rp 4.000,-
Rp 10.000,-
|
Rp 40.000,-
Rp 30.000,-
|
Total
|
19
|
Rp 16.914.000,-
|
Rp 23.970.000,-
|
Tabel 8. Modal Investasi
c. Modal Kerja
Uraian
|
Banyak
|
Harga /unit
|
Jumlah
|
Bahan Baku :
1.
HVS 100 gr
2.
HVS 80 gr
3.
NCR
|
1
1
3
|
Rp 45.000,-
Rp 45.000,-
Rp 45.000,-
|
Rp 45.000,-
Rp 45.000,-
Rp 135.000,-
|
Persediaan Bahan :
1.
Tinta Printer
2.
Bambu 7 meter
3.
Paku
4.
Kawat
|
1
1
80
1
|
Rp 45.000,-
Rp 15.000,-
Rp 50,-
Rp 6.000,-
|
Rp 45.000,-
Rp 15.000,-
Rp 4.000,-
Rp 6.000,-
|
Produk dalam proses
|
-
|
-
|
-
|
Uang Kas
|
-
|
Rp 400.000,-
|
Rp 400.000,-
|
Total
|
-
|
Rp 601.050,-
|
Rp 695.000,-
|
Tabel 10. Modal Kerja
d. Analisis Biaya Tetap (fixed cost)
Uraian
|
Banyak
|
Harga /unit
|
Jumlah
|
Gaji :
1.
Manajer
2.
Keuangan
3.
Marketing
4.
Tim Pelaksana
|
1 orang
1 orang
1 orang
2 orang
|
Rp 5.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 1.500.000,-
|
Rp 5.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 3.000.000,-
|
Penyusutan :
1.
Sewa Tempat
2.
Komputer PC
3.
Mesin Printer
Canon
|
1
3
1
|
Rp 1.000.000,-
Rp. 150.000,-
Rp 34.000,-
|
Rp 1.000.000,-
Rp 450.000,-
Rp 34.000,-
|
ATK :
1.
Pulpen
2.
Buku
|
10 buah
3 buah
|
Rp 4.000,-
Rp 3.000,-
|
Rp 40.000,-
Rp 30.000,-
|
Biaya Kuota Wifi
|
1
|
Rp 150.000,-
|
Rp 150.000,-
|
Biaya PLN & PDAM
|
1
|
Rp 300.000,-
|
Rp 300.000,-
|
Total
|
17
|
Rp 12.141.000,-
|
Rp 14.004.000,-
|
Tabel 11. Analisis Fixed Cost
e. Analisis Biaya Tidak Tetap (variable cost)
Uraian
|
Banyak
|
Harga /unit
|
Jumlah
|
Biaya Cetak :
1.
Flexi 260
2.
Flexi 280
3.
Flexi 340
|
70m2
20m2
10m2
|
Rp 13.500,-
Rp 15.000,-
Rp 17.000,-
|
Rp 945.000,-
Rp 300.000,-
Rp 170.000,-
|
Total
|
100m2
|
Rp 45.500,-
|
Rp 1.415.000,-
|
4.
Ivory 260
5.
Ap150
6.
HVS 80 gr
7.
Stiker Cromo
|
500 lbr
1000 lbr
400 lbr
100 lbr
|
Rp 2.500,-
Rp 2.000,-
Rp 2.000,-
Rp 3.000,-
|
Rp 1.250.000,-
Rp 2.000.000,-
Rp 800.000,-
Rp 300.000,-
|
Total
|
2.000 lbr
|
Rp 9.500,-
|
Rp 2.550.000,-
|
Tabel 12. Analisis Variable Cost Cetak
Uraian
|
Banyak
|
Harga /unit
|
Jumlah
|
Biaya Bahan Baku :
1.
Spanduk (1x6
m)
2.
Rontek (1x0,5
m)
|
100
240
|
Rp 500,-
Rp 250,-
|
Rp 50.000,-
Rp 60.000,-
|
Total
|
340
|
Rp 750,-
|
Rp 110.000,-
|
Tabel 13.
Analisis Variable Cost Reklame
f. Proyeksi Aliran Kas
Uraian
|
Tahun (dalam ribuan Rp)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Sumber Dana (in flow)
|
216.160
|
359.320
|
502.480
|
645.640
|
788.800
|
Penggunaan Dana (out flow)
|
220.740
|
252.840
|
284.940
|
317.040
|
349.140
|
Arus kas bersih (net flow)
|
(4.580)
|
106.480
|
217.540
|
328.600
|
439.660
|
Keadaan kas awal
|
400
|
400
|
400
|
400
|
400
|
Keadaan kas akhir
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Tabel 14. Proyeksi Cash Flow
Analisis Kelayakan Usaha
a. Pay Back Period (PBP)
Modal
|
18.235
|
|
Tahun
|
Arus kas bersih (net cash flow)
|
Jumlah
|
1
|
(4.580)
|
(4.580)
|
2
|
106.480
|
101.900
|
3
|
217.540
|
319.440
|
4
|
328.600
|
648.040
|
5
|
439.660
|
1.087.700
|
Ket = satuan dalam ribuan rupiah
Tabel 15. Payback Period
Dari tabel di atas maka Pay Back Period atau waktu
pengembalian modal adalah 1 Tahun 3 Bulan.
b. Net Present Value (NPV)
Modal
|
18.235
|
||
Tahun
|
Arus kas bersih (net cash flow)
|
Suku Bunga (5%)
|
Hasil
|
1
|
(4.580)
|
0,952
|
(4.360)
|
2
|
106.480
|
0,907
|
96.577
|
3
|
217.540
|
0,864
|
187.954
|
4
|
328.600
|
0,823
|
270.437
|
5
|
439.660
|
0,784
|
344.693
|
Ket = satuan dalam ribuan rupiah
Tabel 16. Net Present Value
Dari hasil tabel di atas menunjukan NPV (Net Present Value) yakni
selisih antara PV Cash Flow dengan PV Modal, dengan hasil di bawah ini:
NPV = PV Cash Flow – PV Modal
= 899.663.160 – 24.665.000
= 874.998.160
Analisis Keuntungan
a. Break Event Point (BEP)
BEP = Biaya Tetap / Rasio Kontribusi Margin
BEP = 150.240.000 / 55%
BEP = 271.936.630,94
b. Kontribusi Margin
Untuk Cetak Flexi
Rasio Kontribusi Margin = 1- Biaya Variabel /
Hasil Penjualan
= 1 – 16.980.000 / 21.360.000
= 1 – 0,79
= 0,21
Untuk Cetak Kertas
Rasio Kontribusi Margin = 1- Biaya Variabel /
Hasil Penjualan
= 1 – 52.200.000 / 97.200.000
= 1 – 0,54
= 0,46
Untuk Reklame
Rasio Kontribusi Margin = 1- Biaya Variabel /
Hasil Penjualan
= 1 – 1.320.000 / 79.200.000
= 1 – 0,02
= 0,98
Assalamualaikum bang boleh minta soft copy nya ga
ReplyDeleteMauu juga dong saya soft copynya
DeleteWa'alaikumsalam wr wb,,,hehehehe monggo bisa dibaca n dipelajari atau email ya kalo butuh bantuan
Deletebang sudah bisunis apa saja
ReplyDelete