Thursday, August 25, 2016

Berawal Dari Niat - before Do It



Perbuatan atau aktivitas yang dilakukan setiap harinya merupakan bagian dari kehidupan dimana setiap manusia membutuhkannya bahkan tidak dapat terlepas dari hal tersebut. Tujuan dari aktivitas setiap manusia (insane) juga masing-masing berbeda-beda dikarenakan segalanya berujung pada niat dari masing-masing. Amirul Mukminin Abu Hafsh Umar bin Khathab ra, berkata aku mendengar Rasulullah saw, bersabda Semua amal perbuatan tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai apa yang ia niatkan. Barang siapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa berhijrah karena dunia yang ia cari atau wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya untuk apa yang ia tuju. (Diriwayatkan oleh 2 (dua) ahli hadits: Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari dan Abu Husain Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim Al Qusyairy An Naisaburi)
Sababul wurud (latar belakang hadits) di atas sebagai mana diriwayatkan Imam At Tabrani dalam Al Mu’jam Al Kabir bahwa Ibnu Mas’ud berkata,” Di antara kami ada seorang laki-laki yang melamar seorang wanita, bernama Ummu Qais. Namun, wanita itu menolak sehingga ia berhijrah ke Madinah. Maka laki-laki tersebut ikut hijrah dan menikahinya. Karena itu kami memberinya julukan Muhajir Ummu Qais.”
Dalam riwayat lain, yang diriwayatkan oleh Sa’id Ibnu Manshur dalam kitab Sunan-nya bahwa Ibnu Mas’ud berkata,”Siapa yang hijrah untuk mendapatkan kepentingan duniawi maka pahala yang didapat sebagaimana yang didapat oleh laki-laki yang hijrah untuk menikahi wanita yang bernama Ummu Qais, hingga ia dijuluki Muhajir Ummu Qais.”
Dari latar belakang hadits terkait segala perbuataan itu tergantung pada niatnya, seperti itu dapat terjadi pada berbagai aspek baik itu terkait ibadah kepada Allah SWT ataupun interaksi sesame manusia. Namun pada hadits di atas hanya menjelaskan terkait niat pada masing-masing perbuatan
REFERENSI :
Bulgha, Musthafa Dieb dan Muhyiddin Mistu. 1423 H/ 2003 M. Menyelami Makna 40 Hadits Rasulullah saw: Syarah Kitab Arba’in An-Nawawiyah (Penerjemah: Muhil Dhofir). Jakarta: Al I’tishom
Jasiman. 1437 H/ 2016 M. Syarah Rasmul Bayan Tarbiyah. Solo: PT Era Adicitra Intermedia

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih